Kamis, 16 Mei 2013

7 Type Mahasiswa


As-salam, selamat pagi dan semangat pagi, dalam postingan edisi spesial ini kita akan membahas tentang 7 type mahasiswa, oke deh langsung aja, berikut penjelasannya :

Ada bebera pa type (jenis) Mahasiswa menurut Nafi A. K dan Toni Rohman dalam bukunya yang berjudul “lulus tanpa nganggur” yaitu 7 jenis :


1.       Mahasiswa Kumlaud
Mahasiswa yang memiliki IP (indek Prestasi) 3,5 keatas. Biasanya mahasiswa macam ini bisa menyelesaikan studinya dalam empat tahun atau kurang

2.       Mahasiswa Nyasar
Mahasiswa yang memiliki impian, punya cita-cita,  tapi ia todak memiliki arah pemikiran yang jelas. Ia tidak bisa membedakan mana jurusan dan spesifikasi kuliahnya. Ia kuliah mengalir apa adanya. Biasanya mahasiswa macam ini yang banyak memilih untuk pindah jurusan dipertengahan kuliah, atau bahkan pindah kampus.

3.       Mahasiswa Setengah
Hanya kuliah untuk mencari status akademik/ mendapat embel-embel gelar saja.

4.       Mahasiswa Asal
Hanya mengikuti trend saja, kuliah tanpa memperhatikan  kemampuan dan potensi dirinya di jurusan, fakultas mana.

5.       Mahasiswa Dugem
Mahasiswa yang hanya memikirkan kesenangan sesaat saja, ia sama sekali tidak memiliki orientasi masa depan. Predikat mahasiswanya hanya dijadikan tameng agar senantiasa bisa mendapat kesenangan dan kiriman uang dari orang tuanya.

6.       Mahasiswa Berprestasi
Mahasiswa yang berprestasi di kampus dan sekaligus mengikuti kegiatan positif yang bermanfaat didalam maupun diluar kampus (organisasi, magang, berkarya).

7.       Mahasiswa Ideal
Mahasiswa yang berprestasi dikampus, memiliki kemandirian financial (kerja paruh waktu/beasiswa/bisnis/investasi), memiliki pengalaman organisasi dan  bisa berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Kira-kira kita mahasiswa yang mana, dan ingin jadi mahasiswa apa? Tujuan yang baik adalah kita senantiasa berusaha dengan maksimal untuk menjadi Mahasiswa type ke 7, yaitu mahasiswa Ideal, mahasiswa yang memiliki prestasi akademis yang bagus, memiliki pengalaman organisasi, memiliki kemandirian financial sehingga meringankan orang tua sekaligus belajar mandiri, dan berperan dan berkarya bagi masyarakat seperti kita selalu membawa spirit dari KKN (Kuliah Kerja Nyata).


Baca juga artikel edisi spesial lain :  5 Rumus dasar berbisnis
                                                     Masalah VS solusi (besarnya pengangguran berpendidikan)
                                                     Penyebab utama status "pengangguran" dan solusinya
                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang ingin berdiskusi, bertanya, atau menambahkan, silakan komentar :)