Minggu, 18 Agustus 2013

Rekruitmen PNS 2013 & Entrepreneurship ala Sandiaga S. Uno


Sebagai pengusaha muda dengan pencapaian yang sudah diakui oleh dunia internasional, sandiaga uno sering memberikan pengalamannya yang sangat berharga untuk kawula muda Indonesia yang ingin menjadi seorang entrepreneur sukses. Melihat permasalahan bangsa dalam bidang ekonomi yang terfokus pada banyaknya pengangguran  baik yang terdidik maupun yang belum. Mental selalu ingin menjadi PNS (pegawai pemerintah)-lah yang selama ini menjadi masalah meledaknya angka pengangguran di Indonesia. Fenomena yang terjadi dilapangan adalah Jumlah PNS yang di butuhkan sedikit akan tetapi pendaftarnya bisa berkali lipat lebih banyak, apalagi saat tahun 2012 ada yang namanya memorandun atau pemberhentian sementara program rekrutmen PNS, ini jelas menumpuk jumlah lulusan perguruan tinggi yang ingin menjadi PNS pada pembukaan kembali program rekruitmen PNS tahun 2013.

Sebagai lulusan perguruan tinggi, jelas melamar menjadi PNS bukanlah sesuatu yang salah, dengan alasan “daripada menjadi pengangguran kan lebih baik jadi pegawai pemerintahan”.
Akan tetapi dengan rasio penerimaan yang jauh lebih kecil dari jumlah pendaftar, maka jelas calon PNS yang akan diterima juga kecil, dan sebagian besar pemuda lain akan kembali menganggur. Inilah yang dinamakan mental ingin selalu jadi PNS dan inilah yang menyebabkan fenomena dari tahun-ke tahun terus berulang, jumlah kuota kecil tapi pendaftarnya membludak terus menumpuk.

Hal ini akan bisa diatasi, jika para pemuda mulai merubah pola pikirnya untuk menjadi seorang entrepreneur. Mereka bukan robot yang tanpa kreatifitas bukan? Mereka harus mulai berfikir tentang memulai usaha mereka sendiri. Awalnya memang mustahil, akan tetapi cobalah dengan keyakinan untuk memulai memetakan potensi apa yang kira-kira bisa dijadikan usaha mandiri di lingkungan kita, dengan pemetaan potensi itu kita bisa melihat masalah-masalah yang ada di lingkungan dan membuat kita menemukan ide untuk bisa menemukan jawaban untuk memecahkan masalah dan dimanfaatkan sebagai usaha mandiri.

Dalam menjalankan usaha ada formula  jurus dari Sandiaga uno yang bernama “4 poros as etos kerja” yaitu :
1.       Kerja keras = Kerja dengan kesungguhan, kedisiplinan dan totalitas yang mantap.
2.       Kerja cerdas = Membuat pemecahan masalah usaha dengan ide solutif.
3.       Kerja tuntas = Fokus pada usaha sampai selesai.
4.       Kerja ikhlas = Menerima apapun hasilnya, karena rejeki itu Tuhan yang mengatur.

Lakukanlah mulai dari sekarang, jika kamu adalah lulusan perguruan tinggi ingatlah satu hal !
Walaupun kamu seorang lulusan yang bergelar s-1,s-2, tetapi yang perlu disadari adalah ketika memulai usaha semua orang harus berawal dari “0” itu adalah ciri usaha. Jadi tidak perlu merasa malu terhadap gunjingan lingkungan sekitar, asalkan jelas ditetapkan target pencapaian yang terus meningkat secara bertahap, bukankah untuk menuju puncak tangga kita harus melalui anak tangga pertama dulu??.

Ditulis Oleh : Imam Adi Permono, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang ingin berdiskusi, bertanya, atau menambahkan, silakan komentar :)